Oatmeal Raisin Bread

Bahan:
1 1/4 cups (300 mL) air
1 1/4 sendok teh (6 mL) garam
2 sendok makan (25 mL) gula pasir
2 sendok makan (25 mL) shortening
3 1/4 cups (800 mL) tepung roti
1/3 cup (75 mL) oatmeal, quick cooking atau regular
1/2 cup (125 mL) buttermilk powder
1 1/4 sendok teh (6 mL) ragi instan untuk roti
1 cup (250 mL) kismis

Cara membuat:
1. Kalau memakai mixer (sebangsa KitchenAid), campur semua bahan. Pakai dough hook, lalu mulai dengan "stir" mode selama 2 menit, sambil dibantu aduk dengan spatula.
2. Pindahkan ke "#2" mode (low mix) selama kurang lebih 5 menit.
3. Pindahkan ke "#4" mode (medium mix) selama kurang lebih 5 menit. Adonan harus sampai licin dan kalau ditekan dengan jari, bekas tekanan jari berbekas di adonan.
4. Angkat adonan, giling sebentar dengan tangan supaya berbentuk bola. Semprot bowl bekas dipakai mixing dengan cooking spray, atau olesi mentega. Taruh lagi adonan di dalam bowl. Tutup dengan plastic wrap. Biarkan di tempat hangat sampai adonan naik 1 1/2-2 kali lipat besarnya.
5. Siapkan alas untuk menggiling adonan, taburi dengan sedikit tepung roti supaya tidak lengket. Taburi penggilingan dengan tepung roti juga. Siapkan cetakan roti ukuran 9x5x3-inch (23x13x7-cm), olesi mentega atau semprot dengan cooking spray. Kempeskan adonan dengan cara meninjunya. Giling adonan hingga menjadi persegi panjang kira-kira lebar & panjangnya 5x16-inch (13x40-cm). Gulung dengan ketat dari sisi yang pendek. Setelah tergulung semua, ujungnya adonan ditutup rapat dengan tangan (pinch the seal). Taruh di cetakan, seal side down, tutup dengan plastic wrap. Biarkan naik di tempat hangat sampai 1 1/2-2 kali lipat besarnya.
6. Panaskan oven sebesar 350 derajat F (180 derajat C). Panggang roti kira-kira 25-30 menit lamanya. Keluarkan dari cetakan, biarkan dingin di rak kawat. Boleh disimpan di kantong plastik setelah dingin.
7. Kalau mau bikin dengan bread machine, tinggal masukin semua bahan (urutannya tergantung bread machine masing-masing), kecuali kismis. Bila sudah ada tanda untuk memasukkan tambahan ke dalam machine, baru tambahin kismis. Pilih "Basic" atau "Sweet" setting.

Catatan: kalau mau ditambah bubuk kayu manis, takarannya kira-kira 1/2-1 sendok teh. Boleh dicampur sebelum di mix, atau bisa juga ditaburi di adonan sebelum adonan digulung. Kalau tidak ada buttermilk powder, boleh diganti dengan susu bubuk takarannya 1/4 cup (60 mL).
Lihat Hatimu Memasak dengan hati akan menambahkan rasa yang berbeda. Klik logo disamping untuk mengetahui suasana hatimu https://pufflova.blogspot.com/. Salam Hangat.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya