Bittersweet Chocolate Madeleine

Bahan (untuk 34 kue):
3/4 cup (185 g) mentega tawar (unsalted butter), dipotong-potong
5 ounces (155 g) bittersweet chocolate, diremuk kasar
1 1/3 cups (330 g) tepung terigu
2 sendok makan plus 2 sendok teh bubuk cocoa
2 sendok teh baking powder
Sejumput garam
4 telur, suhu ruangan
3/4 cup (175 g) gula pasir
2 sendok makan light brown sugar
1 sendok teh essens vanili
Gula halus untuk menabur

Cara membuat:
1. Di panci kecil, lelehkan mentega dengan api sedang. Masak sampai mentega berubah warna kecoklat-coklatan dan mulai harum (kira-kira 4 menit). Matikan api dan biarkan mentega sedikit dingin.
2. Di panci double boiler, lelehkan kepingan coklat dengan api kecil sekali. Aduk sesekali sehingga merata. Matikan api dan biarkan coklat supaya tidak terlalu panas.
3. Ayak bersama tepung terigu, bubuk cocoa, baking powder dan garam.
4. Pecahkan telur di satu mangkuk besar. Aduk-aduk dengan spatula, hanya sampai teraduk rata (kuning & putihnya menjadi satu). Jangan sampai dimiks terlalu keras. Masukkan gula pasir dan light brown sugar, aduk rata. Masukkan campuran tepung terigu semuanya, aduk sampai rata. Tuang essens vanili ke lelehan mentega dan tuang ini ke dalam adonan di mangkuk. Masukkan lelehan coklat dan aduk lagi sampai semuanya rata. Tutup mangkuk dengan plastik dan diamkan selama 30 menit atau sampai adonan menjadi kental.
5. Pasang rak di tengah oven dan nyalakan oven 425 derajat F (220 derajat C). Semprot loyang madeleine dengan nonstick cooking spray.
6. Taruh segumpal adonan (kira-kira 1-1 1/2 sendok makan) di loyang. Penuhnya sampai 2/3 dan penaruhan adonan sebaiknya di tengah-tengah cekungan loyangnya. Panggang loyang satu-persatu, selama 8-10 menit. Hanya sampai madeleine masak dan mumbul ditengah. Jangan terlalu lama dipanggang karena bisa terlalu garing. Balikkan madeleine di rak kawat dan taburi dengan gula halus. Makan dengan segera!

Catatan: beli loyang madeleine yang bukan dari nonstick, karena kalau nonstick tidak merata kuningnya. perlu 2 loyang untuk resep ini.
Lihat Hatimu Memasak dengan hati akan menambahkan rasa yang berbeda. Klik logo disamping untuk mengetahui suasana hatimu https://pufflova.blogspot.com/. Salam Hangat.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya