Caramel-Braised Cod

Bahan:
1 sendok teh cabe bubuk, lebihan kalau suka pedas
1/2-1 sendok teh garam
1/4 cup (60 gr) plus 1 sendok teh gula pasir
1 1/2 pounds (675 gr) ikan cod fillet setebal 2.5 cm
2 sendok makan minyak zaitun
3 sendok makan kecap asin ikan
1 batang daun bawang, diiris

Cara membuat:
1. Campur cabe bubuk, gram dan 1 sendok teh gula di mangkuk kecil. Olesi ikan dengan setengah bumbu ini dan sisihkan. Campur sisa bumbu dengan 1/4 cup (60 cc) air, minyak zaitun dan kecap asin ikan.
2. Panaskan 1/4 cup (60 gr) gula di wajan dengan api panas sekali, sampai gula meleleh dan mulai keliatan kecoklatan dipinggirnya, kira-kira 2 menit. Kecilkan api sehingga sedang panasnya, lalu aduk-aduk dengan cepat dengan sendok kayu. Kalau warna gula meleleh sudah kemerah-merahan (kira-kira 1-2 menit), angkat dari api. Tuang air sebanyak 1/2 cup (120 cc) perlahan-lahan supaya gula meleleh tidak muncrat. Aduk terus sampai gula habis, kalau tidak sampai habis taruh lagi diatas api sambil aduk terus. Tuang campuran cabe bubuk-gula-air-minyak zaitun-kecap asin ikan.
3. Taruh ikan di wajan tadi lalu mulai masak dengan api cukup kecil selama 7 menit. Jangan ditutup, siram kuah sekali-kali ke atas ikan. Setelah itu balik ikan dan masak lagi 5-7 menit atau sampai ikan matang.
4. Hidangkan dengan ditaburi irisan daun bawang.
Lihat Hatimu Memasak dengan hati akan menambahkan rasa yang berbeda. Klik logo disamping untuk mengetahui suasana hatimu https://pufflova.blogspot.com/. Salam Hangat.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya