Pai Key Lime

Image hosted by Photobucket.com

Bahan kulit pai (cukup untuk 1-22x4 cm piring pai):
250 g/1 cup tepung terigu
125 g/1/2 cup tepung jagung halus (ground yellow cornmeal)
1/4 sendok teh garam
125 g/1/2 cup shortening
Kira-kira 3 sendok makan air

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung jagung, dan garam di mangkuk yang besar dan aduk. Potong shortening berbentuk dadu dan masukkan ke dalam campuran tepung. Aduk dengan pastry cutter atau 2 buah garpu sampai campuran membentuk butiran-butiran kecil. Tuang air, sebanyak satu sendok makan setiap tuang, lalu aduk rata dengan pastry cutter atau garpu. Tambah air secukupnya saja hanya sampai adonan bisa menjadi satu dan teksturnya cukup lembek.
2. Taruh adonan di papan gilasan yang sudah ditaburi tepung terigu dan giling menjadi satu lingkaran yang lebarnya 5 cm lebih lebar dari piring pai tahan panas. Adonan bisa pecah dengan gampang, tapi juga gampang dibentuk lagi. Pindahkan adonan ke piring pai dengan cara digulung ke gilingan lalu ditaruh diatas piring pai, baru dibuka gulungannya. Potong sisa-sisa kulit pai yang terlalu lebar dan bentuk dengan tangan pinggiran adonan ke piring pai. Sekarang kulit pai siap dipanggang.

Bahan pai key lime:
Adonan kulit pai siap panggang
5 butir kuning telur
1 kaleng susu kental manis (ukuran 14 ounces/440 cc)
6-8 sendok makan air perasan jeruk limau (Florida key limes)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 220 derajat C/425 derajat F
2. Permukaan adonan kulit pai ditusuk-tusuk dengan garpu, lalu tutup rapat dengan aluminium foil. Panggang selama 6 menit, buka tutup aluminium foil-nya, lalu panggang lagi selama 4 menit sampai kulit pai mulai berwarna. Keluarkan dari oven dan kecilkan api menjadi 180 derajat C/350 derajat C.
3. Taruh kuning telur di satu mangkuk dan kocok dengan kocokan sampai menjadi satu. Sambil mengocok, tuang susu kental manis perlahan-lahan. Tuang air perasan jeruk limau, cobai, isi pai ini harus cukup berasa asamnya. Kalau kurang asam boleh tambah air jeruknya lagi. Tuang isi ke kulit pai dan panggang selama 12-15 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan.
4. Hidangkan dengan whipped cream.


Catatan: Florida key lime rasanya lebih asam dari jeruk limau biasa. Buahnya seperti di foto dibawah ini. Kalau tidak ada, bisa diganti dengan jeruk limau biasa.
Image hosted by Photobucket.com
Lihat Hatimu Memasak dengan hati akan menambahkan rasa yang berbeda. Klik logo disamping untuk mengetahui suasana hatimu https://pufflova.blogspot.com/. Salam Hangat.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya