Morning Sticky Buns



Bahan untuk roti:
300 gr (1 1/4 cups) susu segar
1 sendok teh essens vanila
3 sendok makan mentega, potong kecil-kecil
720 gr (3 cups) tepung terigu
3 sendok makan gula
1 1/4 sendok teh garam
2 sendok teh yeast (merek SAF instant) atau 2 1/2 sendok teh yeast biasa

Bahan untuk isi:
60 gr (1/4 cup) gula coklat (light/dark brown sugar)
1 sendok makan bubuk kayu manis (cinnamon)
6 sendok makan mentega, lembek

Bahan untuk karamel:
90 gr (1/3 cup) mentega
250 gr (1 cup) gula coklat
60 cc (1/4 cup) light corn syrup
250 gr (1 cup) kacang pecan cincang

Cara membuat:
1. Untuk membuat bahan roti, dianjurkan memakai mesin pembuat roti. Bikin sesuai aturan mesin pembuat roti masing-masing, pilih Dough cycle. Untuk membuat memakai mixer, pilih semua bahan dicampur menjadi satu, lalu dimix sampai licin, lembut dan membal. Harus dinaikkan selama kurang lebih 45 menit-1 jam atau sampai adonan berkembang menjadi 2 kali lipat besarnya.
2. Campur jadi satu gula coklat dan bubuk kayu manis di satu mangkuk. Sisihkan.

Cara membuat karamel:
10 menit sebelum mesin pembuat roti selesai, buat saus karamel. Olesi dengan mentega semua sisi dan dasar loyang ukuran 33x23 cm(13x9-inch). Campur bahan untuk saus karamel di satu panci sedang yang tahan panas, diatas api kecil sambil diaduk terus menerus. Kalau mentega dan gula sudah meleleh dan merupai bentuk sirup, angkat dari api. Langsung dituang secara merata di loyang lalu taburi dengan kacang pecan cincang. Sisihkan.

3. Setelah adonan roti jadi/naik, giling adonan menjadi 30x35 cm (12x15-inch) persegi panjang. Oleskan mentega yang telah lembek di tengah-tengah adonan roti, biarkan kosong kira-kira 2 cm disekeliling adonan roti. Taburi campuran isi (gula coklat & bubuk kayu manis) diatasnya. Gulung roti menurut panjangnya, lalu tekan dan jadikan satu ujung akhirnya supaya menempel. Dengan pisau yang tajam potong adonan roti menjadi 12 bagian dan taruh di dalam loyang, sisi yang dipotong menghadap ke bawah. Tutup dengan plastic wrap dan biarkan di tempat hangat selama 45 menit atau sampai mengembang menjadi 2 kali lipat besarnya. (Pada saat ini, roti bisa disimpan di dalam kulkas asal ditutup rapat dengan plastik dan tinggal dipanggang di pagi hari. Keluarkan dari kulkas 20 menit sebelum dipanggang).
4. Panaskan oven 180 derajat Celcius (350F).
5. Panggang roti hingga atasnya kecoklatan, kira-kira 30-35 menit. Keluarkan dari oven, biarkan dingin selama 5 menit di dalam loyang. Setelah itu boleh dibalik ke rak kue. Biarkan dingin 20 menit, baru bisa dipindahkan ke piring saji.

Catatan: kalau mau dinaikkan di kulkas, sebaiknya pakai loyang dari metal. Kalau mau langsung dipanggang, boleh pakai loyang dari gelas.
Lihat Hatimu Memasak dengan hati akan menambahkan rasa yang berbeda. Klik logo disamping untuk mengetahui suasana hatimu https://pufflova.blogspot.com/. Salam Hangat.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya